Seperti Apa Cara Kerja Jaringan Nirkabel?

cara kerja jaringan nirkabel

Seputartikel.com – Perlu teman tahu wireless merupakan salah satu teknologi transmisi yang tidak memerlukan kabel yang dimana membutuhkan gelombang elektromagnetik.

Sehingga teknologi wireless ini mampu memberikan perubahan yang sangat baik kepada kehidupan manusia, seperti halnya pembuatan perangkat elektronik yang kamu miliki tidak membutuhkan kabel secara fisik lagi.

Oleh karena itu mari kita simak pembahasan lanjutnya terkait bagaimana cara kerja jaringan nirkabel, baik itu pengertian, fungsi dan lain sebagainya dibawah ini.

Apa Pengertian Wireless

cara kerja jaringan nirkabel

Sebelum kita mengulas cara kerja jaringan nirkabel, perlu bagi kamu untuk tahu apa sih definisi dari wireless tersebut. Wireless adalah teknologi untuk komunikasi nirkabel yang dilakukan untuk pengiriman berbagai data tanpa membutuhkan kabel secara fisik.

Melalui inframerah, gelombang radio ataupun berbagai gelombang elektromagnetik lain. Contohnya smartphone yang kamu bawa kemana-mana, laptop, komputer dan perangkat lainnya yang tidak memerlukan kabel.

Keuntungan jika kita menggunakan wireless  yaitu:

  • Mobilitas dan juga fleksibilitas yang diberikan lebih besar jangkauannya.
  • Para pengguna bisa melakukan komunikasi serta terhubung dengan user lainnya tanpa adanya kabel (tanpa batas).
  • Cara kerja jaringan nirkabel yang begitu sangat membantu segala aktivitas manusia yang sebelumnya harus berkomunikasi atau berinteraksi secara manual.
  • Pemberian solusi dengan efisien dan praktis jika dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana Cara Kerja Jaringan Nirkabel

Adanya teknologi bernama wireless ini bisa digunakan dalam skala luas pada koneksi internet, jaringan komputer, komunikasi seluler serta pengisian dalam daya nirkabel.

Perlu untuk memahami cara kerja wireless untuk memberikan pembukaan pada pintu konektivitas tanpa batasan dan juga kenyamanan yang sepuasnya.

Berikut langkah-langkah pada penjelasan cara kerja dari wireless:

Demodulasi dan Penerimaan

Pertama cara kerja wireless perangkat penerima apabila menerima sinyal yang dikirim mampu mengubah menjadi data yang bisa dimengerti oleh perangkat tersebut yang disebut dengan demodulasi, data bisa digunakan oleh penggunanya.

Pengiriman Sinyal Elektromagnetik

Selanjutnya perangkat tersebut mengirimkan gelombang elektromagnetik yang berguna untuk media proses pengiriman sinyal yang tidak membutuhkan kabel, seperti halnya infra merah atau gelombang radio yang bisa diperoleh perangkat usernya.

Penggunaan Data dan Prosesing

Kemudian data yang telah diterima perangkat melalui proses dan bisa digunakan dengan kebutuhan pemilik perangkat, contohnya seperti mentransfer data atau file, mengimplementasikan aplikasi dan juga menampilkan pesan.

Proses Transmisi Nirkabel

Sinyal yang  telah dimodulasi akan dikirim melalui media atau udara, sehingga menghilangnya kebutuhan terkait kebal secara fisik, yang kini bisa diberikan lewat konektivitas nirkabel yang praktis dan fleksibel.

Modulasi Sinyal

Sinyal yang telah dihasilkan perangkat pengguna akan berubah bentuk, sehingga bisa menjadi informasi berupa file atau data yang bakal dikirim lewat proses modulasi, seperti halnya amplitudo sinyal ataupun perubahan pada frekuensinya.

Baca Juga : Bagaimana Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan

Apa Kelebihan dari Wireless

cara kerja jaringan nirkabel

 

Wireless atau jaringan kabel ini mempunyai beberapa kelebihan juga lho dibanding jaringan yang menggunakan kabel, berikut kamu simak ulasannya dibawah ini:

Hemat Dalam Biaya

Kamu sudah tahu cara kerja jaringan nirkabel, lalu kelebihan jika menggunakan jaringan nirkabel ini tidak membutuhkan biaya mahal untuk mengeluarkannya karena pemeliharaan kabel jaringan listrik butuh biaya cukup tinggi,

Waktu Lebih Efisien

Menggunakan teknologi bernama wireless ini mampu mengirim atau mentransfer informasi (data) dengan cepat dan mudah dilakukan, sehingga hanya hitungan detik yang dimana tanpa harus menghubungkan perangkat seperti kabel-kabel.

Lebih Fleksibel

Selanjutnya dalam penggunaan nirkabel seperti handphone maupun laptop bisa membuat pengguna lebih bebas untuk terhubung, yang tidak perlu kabel untuk menghubungkan seperti pekerjaan jarak jauh.

Akses Lebih Mudah

Pengguna juga bisa berinteraksi dengan jarak jauh tanpa adanya adaptor ataupun kabel tambahan untuk melakukan akses jaringan komunikasi, jadi bisa melakukan komunikasi jarak jauh.

Apa Saja Kekurangan dari Wireless

cara kerja jaringan nirkabel

Kamu sudah mengetahui kelebihan dari wireless, selanjutnya adapun kekurangan dari teknologi wireless ini, berikut kelemahan seperti:

Speed dari Transmisi

Jadi kecepatan pada transmisi jaringan dari wireless ini punya batasan juga ke teknologi yang menggunakan kabel, seperti halnya sinyal wireless bisa mengalami gangguan yang memberikan pengaruh pada kecepatan transmisi datanya.

Keamanan

Kemudian pada sinyal nirkabel wireless mampu melakukan penyebaran ke ruangan publik, sehingga bisa terjadinya intervensi dari pihak ketiga bisa masuk seperti halnya para peretas yang sangat rentan pada jaringan.

Jangkauan

Selanjutnya jaringan pada wireless iin mempunyai cakupan yang terbatas juga, sinyal seperti halnya nirkabel wifi yang bisa terganggu sinyalnya jika ada penghalang atau bangunan, begitu juga dengan daerah pedesaan.

Permasalahan Instalasi

Ada juga instalasi jaringan nirkabel yang membutuhkan sebuah perangkat pendukung atau tambahan agar bisa memastikan jangkauannya dapat diperoleh.

Kualitas dan juga jarak sinyal dari wireless juga memberikan pengaruh pada berbagai hambatan baik fisik hingga instalasi harus diberikan perhitungan yang pas.