Maksud dari Komputer Analog Adalah Sebagai Berikut

komputer analog adalah

Sobat seputartikel.com, perlu teman ketahui bahwa komputer mempunyai beragam jenisnya, pengelompokannya biasanya terletak pada penggunaan, skala ukuran maupun fungsinya.

Beberapa jenis data yang telah dikelola yaitu terdapat 3 jenis komputer yang sudah diketahui, seperti jenis komputer analog, hybrid dan digital. Namun kali ini kita akan mengulas lebih dalam seperti apa sih komputer analog itu.

Jadi, setiap masing-masing komputer pastinya mempunyai fungsi yang berbeda masing-masingnya, namun kita akan mengulas lebih dalam tentang komputer analog sebagai berikut.

Apa Arti Komputer Analog

komputer analog adalah

Berikut yang termasuk jenis pertama dari jenis komputer yaitu komputer analog adalah salah satu komputer yang permulaan komputer muncul dimana data yang di oleh pertama kali.

Mesin yang begitu awal dikembangkan, sesuai dengan penamaannya yang biasanya dipergunakan untuk mengolah data (analog), tidak hanya itu komputer analog juga mampu melakukan proses data secara terus menerus tanpa adanya jeda.

Mampu melakukan pengukuran pada sistem, tapi tidak dengan menganalisa maupun menghitung data. Sebab komputer yang telah dirancang untuk melakukan pengukuran skala dalam segala ukuran seperti halnya aritmatika angka berbentuk jumlah fisik.

Kelebihan yang Dimiliki oleh Komputer Analog

komputer analog adalah

Selain kamu mengetahui komputer analog adalah mesin AI pertama kali diciptakan oleh manusia, perlu kamu tahu juga apa kelebihan dari komputer pertama kali dikembangin ini sebagai berikut:

Mampu melakukan perhitungan angka yang telah dipresentasikan dalam jumlah fisik (aritmatika angka).

Mampu menampilkan hasilnya dengan melalui cara yang sangat singkat dan juga sederhana.

Bisa menghasilkan output yang telah dihasilkan dari perangkat analog tersebut berupa sinyal maupun grafik.

keunikan yang dimiliki komputer analog yang begitu kelihatan dibandingkan komputer lainnya.

Apa Manfaat dari Komputer Analog

komputer analog adalah

Ada berbagai manfaat dari komputer analog ini lho, apa saja manfaat yang terdapat pada komputer yang dibentuk pertama kali ini? Simak pembahasannya dibawah ini:

  • Memudahkan orang-orang untuk menyimpan data yang penting lewat komputer analog ini.
  • Biasanya komputer analog lebih tahan lama dari segi umurnya, karena ukuran bobot yang begitu besar.
  • Bisa bermain game jadul yang mungkin bagi orang berasa nostalgia karena kembali kemasa lalu lagi.
  • Biasanya komputer jenis analog ini memiliki suara yang lebih jernih, karena pembuatannya pertama kali dibentuk.

Apa Saja Contoh dari Komputer Analog

komputer analog adalah

Kamu sudah tahu bukan jika komputer analog adalah mesin yang pertama kali dikembangkan, sehingga bisa terbentuknya mesin kecerdasan buatan yang melebihi itu.

Adapun contoh dari komputer analog yang harus kamu tahu juga, apa saja contohnya? Yaitu:

Voltmeter

Pertama contohnya adalah voltmeter adalah salah satu alat dalam melakukan pengukuran terhadap tegangan listrik baik dalam satuan besar maupun satuan tertentu, yang biasanya ukuran Kv (kilovolt), mV (millivolt), V (voltmeter).

Speedometer

Selanjutnya contoh komputer analog yaitu alat speedometer yang sudah diketahui juga oleh sebagian orang-orang untuk digunakan sebagai pengukur kecepatan pada kendaraan.

Amperemeter

Terakhir yaitu alat yang dapat bekerja lewat kumparan putaran, karena adanya momen putaran ketika arus yang mengalir dalam perputarannya dan terdapat medan magnet dalam alat amperemeter tersebut.

Baca Juga : Pengertian dari IT Komputer Adalah? Berikut Ulasannya

Apa Perbedaan Sistem Pada Analog dan Digital

komputer analog adalah

Dalam segi besarannya, pada sistem analog pasti memiliki perbandingan lurus dengan besaran pertamanya yang dimana komputer berbasis analog ini sejalan, sedangkan digital tidak ada besaran yang dibandingkan yang dimana hanyalah lambang angka saja.

Kemudian dari segi arus dan tegangannya, pada sistem memiliki bentuk tegangan tidak lagi dalam bentuk sinyal kontinu namun bentuk diskrit. Kalau analog memiliki variasi yang sama dengan sinyalnya.

Berikut perincian perbedaan nya:

  • Keunggulan pada digital lebih mudah diprogramkan dan dirancang dibandingkan analog.
  • Digital juga lebih enteng untuk melakukan penyimpanan informasi begitu juga dengan halnya kecepatan.
  • Dalam hal transmisi pemancar gambar yang dimiliki pada digital lebih jernih sehingga menyerupai bentuk aslinya.