Pengertian dan Contoh Jenis Hewan Omnivora, Ciri-Ciri dan Penjelasan Lainnya

jenis hewan omnivora

Seputartikel.com – Sesuai dengan berbagai jenis makanan, hewan terbagi menjadi 3 pengelompokan yaitu karnivora, herbivora dan omnivora. Omnivora merupakan gabungan dari jenis hewan karnivora dan juga herbivora.

Jenis hewan herbivora yaitu sekelompok hewan yang makanannya berupa tumbuh-tumbuhan, sedangkan jenis hewan karnivora adalah suatu kelompok yang mengkonsumsi daging. Oleh karena itu jenis hewan omnivora bisa dikatakan antara kedua dari jenis hewan tersebut.

Namun, ulasan artikel kami hari ini menjelaskan secara detail apa pengertian omnivora, ciri-ciri dan penjelasan lainnya yang berhubungan dengan omnivora. Kamu bisa menyimak pembahasannya dibawah ini.

Apa Pengertian Jenis Hewan Omnivora

jenis hewan omnivora
pixabay.com

Jadi, omnivora adalah hewan yang memakan apapun atau segalanya, hewan jenis omnivor juga bisa mengkonsumsi makanan seperti daging maupun tumbuh-tumbuhan. Istilah dari kata omnivora asalnya yaitu dari kata latin (omnis) artinya segalanya atau semuanya, sedangkan kata (vorare) adalah makan.

Jenis hewan omnivora ini berperan penting juga dalam sebuah rantai makanan, seperti menghasilkan sebuah energi serta nutrisi bagi organisme-organisme lainnya. Biasanya, hewan omnivora ini posisi tingkat trofik ketiga pada rantai makanan dengan jenis hewan karnivora.

Tidak hanya itu, jenis hewan omnivora lebih tahan lama dalam bertahan hidup, dikarenakan pola makannya berbagai macam dan tidak hanya condong pada satu arah saja. apabila daging sudah habis mereka bisa mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan juga.

Baca Juga : Bagaimana Cara Ikan Paus Berkembang Biak, Ciri-ciri dan Gambarnya

Apa Saja Contoh Jenis Hewan Omnivora

orami.com

Setelah mengetahui apa itu hewan omnivora, berikutnya kamu perlu mengetahui apa contoh hewan omnivora itu? Berikut ulasannya dibawah:

Hewan Tupai

Pertama contoh jenis hewan omnivora adalah tupai, mereka termasuk pada kelompok mamalia kecil yang mirip juga dengan bajing, namun nyatanya tupai tersebut adalah bajing. Hewan tupai ini mengkonsumsi serangga sebagai bahan makanannya.

Sehingga dia juga menyukai makanan selain serangga juga. seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacangan. Makanya tupai disebut sebagai jenis hewan omnivora yang dimana memakan segalanya. Tupai juga mudah merasa jinak jika berada ditangan manusia apabila dengan metode khusus.

Sebab tupai juga cocok dijadikan hewan peliharaan, layaknya kucing, anjing yang mudah untuk dijinakkan. Apabila tupai diperlakukan dengan baik, mereka akan senantiasa untuk menyambutnya.

Hewan Burung Jalak

jenis hewan omnivora

Berikutnya jenis hewan omnivora yaitu termasuk pada burung jalak, termasuk klasifikasi burung pengicau yang asalnya dari suku sturnidae, kenapa bisa disebut dengan burung jalak karena bentuk paruhnya yang kuat, lurus dan tajam.

Kenapa burung jalak disebut sebagai salah satu hewan omnivora? Karena mengkonsumsi buah-buahan dan juga jangkrik, belalang, ulat kandang dan lain sebagainya.

Biasanya burung jalak mempunyai ukuran sekitaran 20 hingga sampai 25 centimeter, biasanya burung jalak juga cukup mudah dijinakkan dengan metode khusus juga. Suaranya yang khas walaupun ribut namun ada orang yang ingin memeliharanya.

Hewan Bebek

Berikutnya bebek juga termasuk pada jenis hewan omnivora, mereka bisa makan tepung ikan, jagung, ampas tempe maupun tahu, onggok dan lain sebagainya. Sehingga bebek sering di budidaya oleh manusia agar bisa mendapatkan manfaat yang banyak.

Seperti dari dagingnya yang sangat bernutrisi, telur yang dapat dijadikan telur asin dan manfaat lainnya. Karena para peternak hewan bebek ini juga harus memberikan makanan yang bagus juga buat bebek agar bisa mendapatkan daging yang bagus juga.

Bebek salah satu hewan yang paruhnya lebih besar ukurannya dibanding ayam, juga leher lebih panjang walaupun tidak sepanjang hewan angsa. Manusia banyak menternak bebek karena harganya yang ekonomis dan juga nilai yang bagus juga.

Hewan Ikan Lele

Siapa sangka ternyata ikan lele termasuk kelompok jenis hewan omnivora juga lho, karena dia bisa memakan apa saja yang diberikan dan bahkan daging sejenis diri dia sendiri mau memakannya. Oleh karena itu, lele mudah hidup lebih lama walaupun hidup di lingkungan yang sudah tercemar.

Karena termasuk golongan hewan omnivora, dalam segi pemberian makanan tidak susah untuk dipikirkan. Namun, lele juga membutuhkan asupan yang bernutrisi agar bisa berkembang dengan baik, makananya seperti pelet khusus lele, lalat, bekicot, ikan rucah dan lain sebagainya.

Selain itu, lele yang dagingnya begitu enak dikonsumsi oleh para manusia dan bahkan lele sudah banyak variasi makanannya, seperti pecel lele, abon lele dan lain sebagainya.

Hewan Burung Flamingo

jenis hewan omnivora

Setelah itu yang masuk dalam kelompok hewan omnivora salah satunya burung flamingo, yang dimana burung ini memakan alga hijau, udang dan alga biru. Alga tersebut sudah menjadi bahan makanan utama dari burung flamingo itu sendiri.

Mereka hidup di alam bebas sehingga dengan mudah untuk memperoleh makanan yang ada dilingkungan, makanya burung flamingo sangat sulit ditemukan karena kebanyakan hidup di alam liar selain bisa melihatnya di kebun binatang.

Biasanya burung flamingo memiliki warna sangat cerah jika dibiarkan hidup bebas di luar sana, karena jika dimasukkan dalam penangkaran mereka akan susah untuk berkembang, dan kebugaran diri mereka akan ikut berkurang karena terkurung di tempat yang sama secara terus menerus. 

Hewan ayam

Terakhir siapa yang tidak tahu dengan unggas ini? Yaitu ayam yang sudah banyak ditemui di Negara Indonesia bukan, begitu banyak manfaat dari ayam baik dari dagingnya, telur dan pengembang biakan ayam lebih banyak.

Ayam disebut golongan hewan omnivora ini memakan segalanya juga, seperti biji-bijian, serangga dan bahkan daging ayam sendiri mau dimakan. Walaupun memiliki sayap namun tidak bisa terbang tinggi seperti burung pada umumnya.

Ciri-Ciri Hewan Omnivora

jenis hewan omnivora
pixabay.com

So, sudah tahu bukan pengertian dari omnivora dan juga contoh-contoh hewan omnivora siapa saja. Berikutnya teman-teman perlu mengetahui ciri ciri omnivora itu apa saja ya? Simak ulasannya sebagai berikut:

  • Sebagian dari hewan omnivora ini perkembang biakannya dengan cara beranak dan ada juga yang bertelur.
  • Lalu ada sebagiannya termasuk mamalia dan setengahnya lagi juga bukan mamalia, ibaratnya campuran.
  • Memiliki bentuk gigi yang datar pada bagian belakangnya.
  • Bentuk gigi yang tajam pada bagian depannya.
  • Hewan omnivora memiliki fungsi pencernaan yang begitu kompleks
  • Mereka bisa mengkonsumsi makanan dari tumbuh-tumbuhan maupun daging.

Bagaimana Struktur Gigi Hewan Omnivora

ikons.id

Perlu teman ketahui juga bahwasannya, susunan pada gigi hewan omnivora ini terdiri atas gigi geraham, gigi seri dan gigi taring, dikarenakan itu hewan ini dikatakan sebagai binatang pemakan segalanya baik itu daging maupun tumbuhan.

Sebab omnivora yang dikatakan pemakan apapun, selain contoh diatas sebenarnya ada yang dikategorikan omnivora  yaitu orang utan, siamang, beruang dan kera. Dan ternyata manusia bisa dikatakan omnivor lho, karena mereka bisa memakan segalanya bukan.

Apa Perbedaan Omnivora dan Herbivora

jenis hewan omnivora
pixabay.com

Seperti ulasan sebelumnya bahwa hewan omnivora bisa mengkonsumsi makanan dari tumbuh-tumbuhan ataupun daging, sedangkan herbivora hanya bisa makan  makanan dari tumbuh-tumbuhan saja.

Jika dilihat dari segi pertahanan hidupnya, pada umumnya hewan jenis omnivora lebih diunggulkan dibandingkan herbivora, karena seandainya tidak ada tumbuh-tumbuhan omnivora masih bisa makan daging, sedangkan herbivora perlu memperoleh makanan berhubungan dengan tumbuh-tumbuhan.