4 Cara Mengatasi Link Google Form Tidak Bisa Dibuka di Semua HP

Cara Kerja Google Form

Google sudah meluncurkan banyak aplikasi yang berguna dan memudahkan kita sebagai pengguna, bahkan beberapa di antaranya sepenuhnya gratis. Seperti aplikasi formulir kuesioner yang mereka miliki, GForm atau Google Formulir mengambil peran sebagai tempat pembuatan formulir online dengan prinsip anytime and anywhere. 

Seberapa penting informasi tentang cara mengatasi link Google Form tidak bisa dibuka? Benarkah aplikasi Google Formulir banyak masalah? Mari cari tahu jawabannya bersama.

Google Form menjadi salah satu pendukung pekerjaan kantor/organisasi dengan banyaknya fitur yang dia miliki seperti pilihan ganda untuk pertanyaan yang hanya mengizinkan satu jawaban, tanggal yang berguna untuk mempercepat responden menjawab, hingga fitur upload file untuk formulir yang membutuhkan file sebagai bukti atau jawaban. Berbagai kemudahan tersebut tidak serta merta menghilangkan masalah dari Google Form, sebut saja seperti link tidak bisa dibuka dan jawaban tidak masuk.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Kerja Google Form

Google Form merupakan aplikasi yang berguna untuk membuat formulir secara online dan tersedia untuk perangkat Android, iOS dan versi web. Untuk dapat menggunakan GForm, Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Bentuknya yang online membuat penggunaan Google Form menghemat biaya percetakan kertas dan juga transportasi fisik.

Cara kerjanya yaitu harus ada orang yang berperan sebagai pemilik formulir yang nantinya membuat pertanyaan/soal dan responden yang akan menjawab pertanyaan yang ada pada form tersebut. Responden dapat menjawab dari berbagai device, akun dan aplikasi yang sudah mendukung penggunaan form ini. Terkecuali sang pemilik membatasi akses ke beberapa pengguna saja.

Penyebab Link Google Form Tidak Bisa Dibuka

Tidak Memiliki Izin Membuka Link Google Form

Pemilik form dapat memberikan izin kepada orang atau organisasi tertentu untuk dapat membuka formnya. Orang yang berada di luar cakupan yang diizinkan, maka tidak dapat membuka Google Form tersebut. Masalah ini dapat disebabkan seperti karena pemilik menggunakan Google Suite for Education (GSE), bukan menggunakan email pribadi. 

Dan bisa disebabkan karena miskomunikasi antara pembuat formulir dan anggota responden. Pembuat formulir mungkin tidak memasukan beberapa email ke dalam whitelist yang bisa menjawab pertanyaan. 

Link Expired

Kehadiran add-on di Google Form memberikan banyak manfaat dan script yang berguna. Salah satunya adalah add-on timer, sejenis script yang akan membatasi responden dalam mengisi jawaban dengan hitungan satuan waktu baik jam, hari, bulan dan tahun. Pemilik dapat mengatur sampai kapan link formulir dapat dibuka dan diisi sesuai kehendaknya, sehingga ketika Anda mengisi formulir di luar waktu yang dia perbolehkan, maka link menjadi tidak bisa dibuka.

Browser Bermasalah

Browser atau peramban dapat menjadi penyebab tidak bisa membuka link Google Form. Masalah ini bisa terjadi pada seluruh pengguna browser tersebut dalam skala luas, atau hanya terjadi pada device tertentu dalam skala yang jauh lebih kecil. Penyebabnya beragam seperti server pusat yang penuh, cache browser yang menumpuk dan adanya cacat saat memasang browser.

Aplikasi Tidak Mendukung Google Form

Aplikasi seperti WhatsApp tidak mendukung pengisian GForm secara langsung, sehingga tidak bisa dibuka. Informasi dari developer sangat berguna untuk mengetahui apa saja tindakan yang bisa dilakukan secara langsung pada aplikasi buatannya dan yang tidak. 

Pada dasarnya aplikasi tidak bisa membuat dirinya kompatibel dengan setiap aplikasi lain yang beredar, meskipun itu adalah aplikasi populer dari pengembang software terkenal.

Internet Lambat

Koneksi internet yang lambat membuat link Google Form tidak dapat dibuka. Hal ini seolah-olah membuat Anda berpikir bahwa pihak Google lah yang bermasalah, padahal tidak. Kecepatan jaringan yang lambat bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti cuaca, jumlah perangkat yang terhubung di WiFi dan masalah pusat yang dialami provider internet.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Word Not Responding dengan Cepat

Cara Mengatasi Link Google Form Tidak Bisa Dibuka

Meminta Pemilik untuk Mengizinkan Anda

Seperti yang tertera dalam kotak pemberitahuan, Anda harus menghubungi pemilik form untuk meminta akses jika memang ada kesalahan. Dan jika masalah dikarenakan pemilik menggunakan akun Google Suite for Education yang umumnya mencentang otomatis kotak dialog “restrict to users in …” maka Anda harus login terlebih dahulu ke akun organisasi tersebut.

Update Browser dan Hapus Cache

Developer terkadang memperbarui browser-nya untuk menyempurnakan bug dan masalah lainnya, dalam update tersebut bisa mencakup masalah link Google Form tidak bisa dibuka. Sehingga, kami sarankan untuk memperbarui browser tersebut. 

Jika Anda sudah memperbarui browser tetapi masalah tidak terselesaikan, mencoba menghapus cache adalah opsi selanjutnya. Cara menghapus cache aplikasi yaitu:

  1. Masuk ke Setelan.
  2. Gulir ke bawah dan pilih Aplikasi.
  3. Pilih Kelola Aplikasi.
  4. Cari browser tersebut dan tekan.
  5. Pilih Hapus Cache.

Gunakan Aplikasi yang Mendukung Google Form

Jika persoalan disebabkan oleh aplikasi yang Anda gunakan tidak mendukung Google Form, maka jalannya adalah dengan menyalin link dan mem-paste ke aplikasi yang dapat mendukungnya. Kami merekomendasikan untuk menggunakan Chrome yang sudah jelas dapat mendukungnya atau mengunduh langsung aplikasi Google Formulir dari toko aplikasi.

Menunggu Beberapa Waktu Lagi

Seperti aplikasi pada umumnya, Google Formulir harus terus diperbarui untuk meningkatkan fitur dan mengurangi berbagai masalah. Pada saat pembaruan ini, pihak Google akan menutup akses ke aplikasi dan link jawaban hingga beberapa waktu ke depan. Pembaruan ini akan diumumkan ke pengguna dan responden yang sedang atau akan mengisi formulir.

Selain itu, Anda bisa menunggu beberapa waktu lagi jika masalah disebabkan oleh jaringan internet yang jelek karena faktor cuaca. Menghubungkan HP ke WiFi bisa menjadi opsi yang lebih cepat jika Anda memang tidak bisa menunggu lebih lama lagi.

Cara Setting Link Google Form agar Bisa Dibuka

Jika Anda adalah pemilik Google Form, maka bagian ini akan memandu Anda mengatur form agar bisa dibuka oleh orang-orang yang Anda targetkan.

  • Limit to 1 response. Jika mengaktifkan fitur ini, maka responden harus login ke akun Google mereka sebelum dapat mengisi pertanyaan pada link yang dibuat. Ini juga membatasi responden hanya bisa mengirimkan jawaban satu kali saja, dan tidak ada kesempatan kedua untuk pengiriman ulang. Limit to 1 response berarti bahwa Anda hanya menargetkan orang yang memiliki akun Google, sedangkan yang tidak memiliki, maka tidak bisa membuka form.
  • Restrict to users in … and it’s trusted organization. Pada bagian setelan > response untuk Anda yang menggunakan Google Suite for Education (GSE) akan muncul opsi ini. Ketika opsi ini diaktifkan, responden akan dibatasi hanya pada orang yang memiliki akun di organisasi tersebut seperti akun Belajar.id. Fitur ini lebih mempersempit cakupan responden dibandingkan fitur di atas. Jika Anda sudah berkomunikasi dengan responden untuk menjawab hanya dengan akun organisasi dan juga untuk menghindari tamu tidak diundang, Anda dapat mencentang kotak dialog ini.