Contoh Kalimat Bahasa Arab Terima Kasih, Balasan dan Pentingnya dalam Islam

bahasa arabnya terima kasih

Halo sobat semua, mari kita ketahui bahasa arabnya terima kasih apa ya ? mungkin ada sebagian dari kita yang belum mengetahui bahasa arabnya terima kasih tersebut, karena bahasa arab merupakan bahasa asing yang mana bahasa arab diperkirakan adanya di Timur Tengah pada sejak abad ke 4 SM.

Apa kamu sudah mengucapkan terimakasih kepada orang yang telah membantumu? Mari muliakan biasakan berterima kasih agar kamu bisa belajar bagaimana untuk menghargai bantuan orang lain, apalagi kamu berterima kasih menggunakan bahasa arab agar kesan lebih keren.

Jadi terkait pembahasan kami artikel tentang bahasa arabnya terima kasih, akan diulas secara mendalam pada artikel  ini, ada begitu banyak ucapan-ucapan bahasa arabnya terima kasih ini, bawah.

Contoh Bahasa Arabnya Terima kasih

bahasa arabnya terima kasih
riniisparwati.com

Pengucapan Syukron ( شُكْرًا )

Oke, yang pertama bahasa arabnya terima kasih kamu bisa menggunakan ( شُكْرًا ) syukron untuk mengucapkan terimakasih kepada orang yang telah berbuat kebaikan kepadamu, mungkin sudah sering kamu mendengarkan kalimat syukron tersebut.

Jadi ketika kamu ingin berterimakasih kepada orang tua kamu, seperti ayah maka kamu bisa mengucapkan ( شُكْرًا يَا أَبِي ) “ Syukron Yaa Abbi ”  yang berarti terima kasih ayah, atau buat ibu maka kamu bisa mengucapkan ( شُكْرًا يَا أُمٍّي  ) Syukron Yaa Ummi “ jadi begitulah ucapan bahasa arabnya terima kasih ketika ingin diucapkan kepada orang yang telah membantu, menolong mu.

Adapun pengucapan lainnya, terkait syukron ini jadi kamu hanya menambahkan kalimat nama orang, atau nama benda yang ingin kamu ucapkan terimakasih misal ( شُكْرًا ) syukron ” lalu kamu bisa menambahkan kalimat sesuai dengan orang yang berikan ucapan setelah syukron seperti dibawah ini:

  • شُكْرًا لَكُمْ جَمِيْعًا  (Syukron Lakum Jamii’a) yang memiliki arti terimakasih kepada semuanya, yang mana ditujukan kepada banyak orang.
  • شُكْرًا كَثِيْرًا ( Syukronn Katsiraan) mempunyai arti terimakasih banyak, ibaratnya ketika ingin membalas kebaikan dengan baik jadi menambah kalimat banyak setelah terimakasih.
  • شُكْرًا لكِ ( Syukronn lak ) artinya terimakasih untukmu, yang ini pengucapannya ditujukan untuk perempuan, jadi misal kamu laki-laki ingin berterimakasih kepada seorang perempuan kamu harus menyebutkan kalimat ini.
  • شُكْرًا لَكَ  ( Syukronn Laka ) Jadi ini artinya terimakasih untukmu, yang ini ditujukan untuk kamu sebagai perempuan ingin berterimakasih kepada orang ( laki-laki)  maka ucapkanlah bahasa arabnya terima kasih kalimat ini.
  • شُكْرًا يَا أُخْتِي  ( Syukronn Yaa Ukhtii ) Ini artinya terimakasih untuk saudara perempuan, jadi bisa diucapkan bahasa arabnya terima kasih ini kepada orang yang tidak kamu kenal, namun dia seorang perempuan.
  • شُكْرًا يَا أَخِي   ( Syukronn Yaa Akhii )  lalu ini artinya terimakasih yang ditujukan untuk saudara laki-laki, jadi misalnya kamu memiliki teman atau saudara laki-laki kamu bisa mengucapkan kalimat bahasa arabnya terima kasih ini.
  • شُكْرًا يَا زَوْجَتِي   ( Syukronn Yaa Zawajatii ) Artinya terimakasih istriku, yang mana ditujukan oleh seorang pasangan salah satunya suami yang ingin berterimakasih kepada kekasihnya ( istrinya).
  • شُكْرًا يَا زَوْجِي   ( Syukronn Yaa Zawjii ) Definisinya terimakasih suamiku, yang ini kebalikan dari sebelumnya yang mana seorang istri yang ingin mengucapkan terimakasih kepada suaminya.

Baca Juga : Letak Astronomis Negara Indonesia Serta Dampaknya

Pengucapan Jazakallah Khairann ( جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا )

jazakallah khairan katsiiraa artinya
publica.id

Kemudian ucapan bahasa arabnya terima kasih kamu bisa mengatakan “ Jazakallah khairan “ ( جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا ) yang artinya yaitu semoga Allah membalas kebaikanmu yang mana tujukan untuk kepada laki-laki, yang mana pembahasannya sama dengan syukron di atas tadi.

Jadi apabila kamu seorang perempuan ataupun laki-laki, kamu bisa mengucapkan kalimat bahasa arabnya terima kasih di atas tersebut. Namun jika kamu ingin berterimakasih kepada seorang perempuan kamu bisa menggunakan kalimat “ Jazakillaah Khairann “ ( جَزَاكِ اللهُ خَيْرًا ) yang artinya semoga Allah membalas kebaikanmu yang akan ditujukan kepada seorang perempuan.

Balasan untuk Jazakallah Khairan

Setelah kamu sudah mengetahui contoh pengucapan kalimat bahasa arabnya terima kasih, pastilah sepatutnya kita membalas ucapan terimakasih mereka, seperti jika dalam bahasa Indonesia kita akan mengucapkan sama-sama.

Bagaimana dengan pengucapan dalam bahasa arab? kamu bisa membalas dengan mengucapkan kalimat ( عَفْوًا ) yang artinya dari bahasa arabnya sama sama jika mereka mengatakan syukron , sedangkan untuk mereka jika mengatakan jazakallah khairan, maka kamu menjawab dengan ( وجزاكم الله خيرا ) “  Wajazakallahu Khairann ) yang artinya yaitu semoga Allah membalasmu dengan kebaikan.

Sekarang sudah tahukan bagaimana kamu membalas ucapan terimakasih kepada orang yang berbuat kebaikan atau menolong kamu, walaupun kamu sudah mengetahui banyak cara untuk berterima kasih namun kamu juga harus merespon kebaikan mereka yang telah diucapkan.

Pentingnya Ucapan Terima Kasih dalam Islam

terima kasih bahasa arabnya
detik.com

Begitulah pembahasannya terkait bahasa arabnya terima kasih tersebut, apabila mereka telah berterimakasih kepada kita maka kita akan menjawab dengan jawaban syukron. jika dia berterima kasih dalam ucapan terima kasih bahasa arab.

Jadi untuk apa kata terima kasih diucapkan, dampaknya sangat bagus bagi kita semua karena ketika menghargai bantuan orang tersebut maka iya akan senang mendengarkannya, dalam islam kita juga berpahala jika berterimakasih kepada orang lain yang telah menolong atau membantu.

Sangat besar pahalanya jika mau membalas kebaikan orang lain tersebut, apalagi tanpa harus diminta dulu dan orang akan respek kepada kita jika membantu tanpa adanya imbalan atau keinginan tersendiri jika membantu orang lain. Sebab dalam Islam begitu besar pahala yang kita peroleh jika membantu orang tanpa ada tujuan masuk apapun.

Bayangkan saja jika kamu tidak menghargai orang yang telah menolongmu, baik sedang kesusahan ataupun kesulitan maka dilain waktu, jika kamu membutuhkan bantuan mungkin orang yang telah menolongmu sebelumnya tidak akan menolong kamu berikutnya. Maka penting untuk menghargai sesama agar menjaga kesopanan serta etika kita jika telah dibantu oleh seseorang.

Belajar Bahasa Arab Bagi Orang Muslim

Apabila kita seorang dari agama Islam atau muslim, penting bagi kita untuk mempelajari bahasa arab ini agar kita bisa lebih mudah untuk memahami Al – Qur’an yang mana dengan belajar bahasa arab ini kita bisa menyerap lebih mudah untuk menghafalkan ayat-ayat pada Al – Qur’an tersebut.

Tidak hanya itu dengan sudah menghafalkannya, kamu bisa mengajarkan atau mengamalkan ayat-ayat yang telah kamu hafal dan pahami arti dari kitab Al-Quran tersebut. Melalui modal berbahasa arab kamu juga bisa memahami hadits-hadits dari Nabi Shallallahu ‘alaihi waa sallam.

Mungkin kita sudah memasuki zaman yang sudah lebih condong kearah yang lebih modern, namun perubahan itu tidak akan menggoyahkan kita untuk menjauhi bahasa arab tersebut. Karena dalam Islam atau sebagai orang muslim wajib bagi kita untuk belajar bahasa arab walaupun khususnya di Indonesia yang begitu banyak ragam dan budaya dan bahkan agama yang beragam juga.

Jadi sebagai seorang muslim harus mampu untuk menjaga serta meningkatkan kualitas, bagaimana kita bisa menjadikan agama Islam menjadi yang terbaik dari segi manapun. Contohnya salah satunya dengan meningkatkan belajar bahasa arab untuk bisa lebih meningkatkan kuantitas dari segi agama agar memperdalam bagaimana agama Islam itu.