Bagaimana Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan

penerapan teknologi ramah lingkungan

Lingkungan yang ada pada sekitar kita pasti tidak luput dari dengan penggunaan teknologi, baik itu bidang industri pada rumah tangga, industri skala besar, bidang pertanian dan lain sebagainya.

Maka kita akan mengulas terkait penerapan teknologi ramah lingkungan yang perlu dikembangkan untuk dimasa akan mendatang, dikarenakan jika ada pemanfaat teknologi tidak sesuai dengan takaran bisa memberikan kehancuran pada lingkungan tersebut.

Kita sebagai manusia perlu untuk menanggulangi agar kejadian tersebut tidak terjadi, mari kita simak apa saja penjelasan yang penting kamu tahu terkait penerapan teknologi yang ramah lingkungan.

Apa yang dimaksud dengan Teknologi Ramah Lingkungan

penerapan teknologi ramah lingkungan

Jadi, Teknologi ramah lingkungan merupakan salah satu teknologi yang dibentuk untuk membantu segala urusan manusia ataupun pekerjaan yang lebih efisien, yang mana tanpa harus memberikan dampak buruk terhadap lingkungan mereka.

Karena perlu sekali bagi kita untuk memiliki teknologi, apalagi kegunaannya untuk keperluan jangka panjang dan sangat memudahkan urusan manusia yang tingkatannya lebih berat.

Dalam penerapan teknologi  atau green technology adalah bentuk dari penerapan teknologi yang memperhatikan segala prinsip pada pelestarian lingkungan sekitar.

Bagaimana Prinsip Pada Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan

penerapan teknologi ramah lingkungan

Setelah mengetahui apa itu penerapan teknologi ramah lingkungan, selanjutnya perlu kamu ketahui bahwa teknologi ramah lingkungan termasuk alat-alat atau mesin canggih yang tidak menggunakan polutan.

Berikut ada beberapa prinsip yang perlu diterapkan pada teknologi yang ramah lingkungan sebagai berikut:

  • Melakukan penghematan energi untuk proses produksinya atau disebut juga dengan ( Retrieve Energy)
  • Selanjutnya bisa menggunakan kembali bahan limbah atau sampah yang telah dibuang tersebut menjadi bahan yang sama (Recycle).
  • Lalu bisa menggunakan bahan yang ramah lingkungan tersebut dengan proses yang lebih bagus dibandingkan alat teknologi lainnya (Refine).
  • Melakukan pemakaian bahan-bahan yang tidak digunakan atau sisa tersebut menjadi suatu limbah yang dilakukan dengan proses yang berbeda (Reuse).
  • Melakukan pengurangan pada limbang yang prosesnya dengan mengoptimalkan dalam penggunaan bahan tersebut (Reduce).
  • Lalu dengan memanfaatkan suatu material khusus dari limbah untuk hal-hal yang lain (Recovery).

Baca Juga : Apa Pengertian 5G Adalah? Berikut Penjelasannya Disini!

Apa Saja Ciri-Ciri Teknologi Ramah Lingkungan

penerapan teknologi ramah lingkungan

Berikutnya kamu perlu mengetahui ciri-ciri dari teknologi ramah lingkungan itu apa saja ya? Berikut ulasannya:

  • Mampu memanfaatkan bahan-bahan yang tidak terpakai menjadi suatu barang yang bisa digunakan kembali
  • Pemanfaatan sumber daya alam yang ada di lingkungan dengan baik, lalu bisa memperbaharui kembali sumber daya alam agar tidak cepat habis.
  • Teknologi yang yang menghasilkan limbah tidak mempengaruhi lingkungan, baik itu limbah gas, cair maupun padat.

Manfaat Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan

penerapan teknologi ramah lingkungan

Teknologi ramah lingkungan juga memberikan manfaat untuk lingkungan, yang manusia juga ikut merasa sehat dengan aman saja ketika teknologi itu ada, apa saja manfaatnya sebagai berikut:

  • Biaya lebih hemat dengan melakukan pemanfaat sumber daya alam termasuk pada teknologi untuk menghemat dalam segi ekonomi juga.
  • Teknologi ramah lingkungan mampu mengurangi risiko penurunan pada kesehatan semua makhluk hidup.
  • Lalu dengan adanya teknologi ramah lingkungan menjadi efektif ataupun efisien ketika melakukan pemanfaatan sumber daya alam, sehingga lingkungan tetap aman.
  • Menjauhi dari tercemar lingkungan serta ada cegahan untuk hal tersebut terjadi, karena pengurangan limbah yang berlebihan.

Apa Contoh Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan

penerapan teknologi ramah lingkungan

 

So, teman-teman sudah mengetahui apa itu definisi teknologi ramah lingkungan, tujuan, manfaatnya. Kemudian kamu perlu tahu apa contoh dari penerapan teknologi ramah lingkungan itu? Berikut ulasannya:

The Sun Moon Mansion (China)

Pertama contohnya the sun moon mansion salah satunya gedung yang memberikan segala fasilitas seperti gedung, pelatihan, dan bisa memproduksi energi surya dalam jumlah besar pada peringkat pertama.

China negara yang populasi peringkat tertinggi terbanyak di dunia, karena pemerintah negara china memiliki planning untuk mencegah apabila terjadinya kelangkaan sumber energi.

Air Tree (Spanyol)

Selanjutnya bangunan yang ada di negara Spanyol ini dibentuk dari barang-barang yang telah di daur ulang lho, sehingga terdapat ventilasi alami yang dimana memberikan perlindungan dari cuaca panas.

Juga terdapat tenaga surya yang diproses dari alat panel photovoltaic yang mampu menyirami tanaman secara otomatis agar tetap terjaga.

The Science Barge (New York)

Kemudian contoh penerapan teknologi ramah lingkungan yang ada di New York memiliki bangunan yang berbentuk rumah kaca yang terapung di lautan, tidak hanya itu lapisan dari bangunan kaca tersebut dilapisi oleh tenaga surya.

Sehingga membantu tanaman yang ada pada dalam bangunan tersebut tetap mendapatkan nutrisi dari air yang ada dibawahnya.

The Reichstag (Berlin)

Terakhir yaitu gedung pemerintahan yang mereka memberikan cermin dan kaca agar bisa melakukan pemantulan cahaya matahari, sehingga mereka tidak perlu menggunakan penerangan buatan lagi.

Bangunan juga bisa  menampung air hujan serta segala sumber energi, gedung juga sebagai tempat parlemen yang dimana para pejabat pemerintah bekerja untuk rakyat disana.