Apa Saja Binatang yang Memiliki Antler

binatang yang memiliki antler

Seputartikel.com – Halo sobat semua, Kebanyakan informasi hewan mamalia yang kita ketahui seperti halnya rusa juga kijang pasti mempunyai hiasan di atas kepalanya bukan atau disebut juga dengan tanduk.

Pasti teman-teman penasaran bukan apa saja sih binatang yang mempunyai antler tersebut? Kamu bisa mengetahui jawabannya jika menyimak pembahasan yang kami ulas disini.

Siapa Binatang yang memiliki Antler

binatang yang memiliki antler

Lalu siapakah binatang yang mempunyai antler tersebut? Kamu perlu tahu bahwa antler tersebut memiliki fitur khas yang hanya dipunyai oleh sekelompok binatang tertentu saja.

Biasanya antler juga dikenal dengan tanduk hingga banyak tumbuh pada berbagai jenis hewan yang utamanya pada keluarga cervidae atau keluarga rusa maupun sejenisnya.

Bersumber dari (Buku Ensiklopedia Anatomi Hewan Vertebrata) tanduk atau antler berasal dari tulang yang terbentuk di atas kepala hewan jenis jantan yang yang dimana mempunyai cabang khas yang rumit namun indah-indah bentuknya.

Jadi, siapa sih binatang yang memiliki antler adalah Rusa dan Kijang, itulah dua hewan yang mempunyai tanduk di atas kepalanya.

Baca Juga : Seperti Apa Teknologi Reproduksi Hewan? Berikut Ulasannya

Perbedaan dari Tanduk dengan Antler

binatang yang memiliki antler

Ternyata ada perlu kamu ketahui lagi yang dimana rusa atau kijang mempunyai bentuk yang mirip dari segi tanduk dan antlernya, ternyata ada beberapa perbedaan lho dari segi antler maupun tanduk, simak sebagai berikut:

Segi Pola Tumbuh

Pada antler akan tumbuh pada saat musim semi dan itu setiap tahunnya antler akan bertumbuh dengan ukuran yang berbeda dari sebelumnya sehingga bisa mengancam keberadaan hewan lainnya.

Sedangkan tanduk akan selalu tumbuh dari awal mereka hidup hingga sampai berumur, sehingga tanduknya putus. Namun dalam proses pertumbuhannya akan kelihatan ukurannya sebelum lahir.

Bentuk

Kemudian ada perbedaan Antler mempunyai cabang seperti halnya cabang dari batang pohon, sehingga sangat berguna untuk melakukan penguncian pada lawannya.

Sedangkan tanduk mempunyai bentuk tidak bercabang dan lurus, sehingga akan susah untuk melakukan penguncian seperti halnya antler tersebut.

Dilihat dari Segi Struktur

Ternyata dari segi bentuk atau strukturnya berbeda juga lho, tanduk yang memiliki tulang yang ditutupi lapisan tebal dan juga menonjol sehingga kekuatannya sangat kuat dan tahan lama.

Kalau antler yang perpanjangan pada tengkorak hewan yang sistemnya struktur tunggal, mengandung tulang rawan, kulit serta pembuluh darah, sebab dalam proses pertumbuhannya antler lebih besar ukurannya jadi tulang rawan bisa mengeras seperti halnya tulang spons.

Taksonomi

Antler adalah perpanjangan pada tengkorak hewan dan tanduk merupakan tanduk sejati dari mereka lahir sudah memilikinya. Sebab rusa yang mempunyai antler ini memiliki keunikan tersendiri yang begitu berbeda dengan tanduk.

Sebab tanduk hanya ditemukan pada keluarga jenis (antilocapridae) bovidae dan pronghorn, siapa mereka? Yaitu Kambing, Kijang dan Sapi, jadinya tanduknya mempunyai struktur yang lurus atau spiral maupun bengkok.

Penggunaannya

Terakhir dari segi penggunaannya tanduk sangat berguna bagi para hewan untuk melakukan pertahanan dirinya, jadi perlu untuk mereka sebagai senjata sebagai pertahanan diri maupun menjaga wilayah kekuasaannya.

Nah, kalau antler hanya sebagai menarik perhatian dari jantan kepada lawan jenisnya dan betina akan tertarik jika pesona jantan sangat menarik baginya.