6 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Xiaomi

6 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Xiaomi

HP keluaran terbaru saat ini paling tidak dibekali dengan penyimpanan internal 64GB untuk entry level. Bahkan, brand Infinix dan Xiaomi berani memberikan penyimpanan internal 256GB dan 128GB untuk entry level mereka. Xiaomi telah mengeluarkan banyak varian HP dengan berbagai spesifikasi dan kapasitas penyimpanan internal, dengan mengikuti perkembangan pasar untuk menyesuaikan kebutuhan penyimpanan internal di masyarakat.

Umumnya masalah ruang penyimpanan hampir habis dirasakan oleh HP Xiaomi dengan penyimpanan internal 16GB dan 32GB, meskipun sekarang penyimpanan 64GB terasa sesak juga. Di masanya mereka adalah penyimpanan yang sangat besar, tetapi kebutuhan penyimpanan untuk perangkat lunak semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia zaman.

Apakah masalah cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis di Xiaomi bisa diatasi? Temukan jawabannya di artikel ini!

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Xiaomi

Setiap kali ruang penyimpanan internal hampir habis, maka akan muncul notifikasi “Ruang penyimpanan hampir habis” pada HP Xiaomi. Selain menjengkelkan karena notifikasi ini tidak bisa dihapus, beberapa aplikasi juga akan tertutup paksa karena kehabisan ruang. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kami telah merangkum 6 solusinya. 

Hapus File Lama

File adalah data yang disimpan pada device dan dapat diakses oleh pengguna. File dapat berbentuk gambar, video dan berkas dokumen. Gambar dan dokumen umumnya berukuran kecil, tetapi akan sangat berdampak signifikan pada penyimpanan internal ketika jumlahnya banyak. Sedangkan video sebaliknya, ukurannya besar dengan jumlah yang lebih sedikit.

File-file tersebut jelas memakan ruang penyimpanan sangat banyak. Sehingga, Anda harus menghapusnya secara berkala terutama file lama yang sudah tidak digunakan. Anda dapat menghapus gambar dan video secara massal di HP Xiaomi dengan cara ini:

  1. Masuk ke aplikasi Galeri bawaan.
  2. Pilih foto/video yang ingin dihapus, lalu tekan dan tahan.
  3. Akan muncul bulatan kecil di kiri bawah masing-masing foto/video, tekan setiap bulatan pada foto/video yang ingin Anda hapus.
  4. Lihat pada menu aplikasi paling bawah, klik pada ikon tong sampah atau tulisan Hapus.
  5. Selamat, foto/video sudah dihapus.

Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi adalah perangkat lunak yang menyatukan banyak fitur tetapi masih dalam satu topik/tujuan yang sudah ditentukan. Saat ini ada jutaan aplikasi yang telah rilis di toko aplikasi. Beberapa aplikasi berukuran besar seperti Tiktok, Facebook, Youtube dan Instagram. Untuk aplikasi game ukurannya bisa bergiga-giga dan bahkan game terbaru, Genshin Impact, membutuhkan penyimpanan internal 29GB untuk versi terbaru saat ini.

Aplikasi dan game tersebut jelas memakan ruang, apalagi bagi Anda yang memiliki penyimpanan internal pas-pasan. Cara menghapus aplikasi/game di HP Xiaomi yaitu:

  1. Pergi ke Setelan.
  2. Gulir ke bawah hingga Anda melihat menu Aplikasi.
  3. Pilih Kelola Aplikasi.
  4. Pilih aplikasi/game yang ingin dihapus.
  5. Pada bagian bawah akan ada opsi Uninstall, pilih opsi tersebut.

Tidak suka cara yang lama? Kami jelaskan juga cara tercepatnya:

  1. Pada tampilan awal HP Xiaomi, tekan dan tahan aplikasi yang ingin dihapus.
  2. Pilih opsi Uninstall.

Hapus Cache Aplikasi

Padahal kan aplikasi sewaktu diunduh ukurannya kecil, juga tidak merasa mengunggah banyak file ke aplikasi tersebut, tetapi kok makan banyak penyimpanan? Yup, inilah yang dinamakan cache atau berkas sampah. 

Umumnya game tidak memberikan banyak cache, justru aplikasi berbasis video adalah pelakunya. Aplikasi ini akan menghasilkan berkas cache yang bahkan ukurannya lebih besar dibandingkan gabungan ukuran aplikasi + data pengguna. 

Menghapus cache secara berkala akan berdampak cukup besar bagi ruang penyimpanan internal. Berikut kami sertakan panduan menghapus cache aplikasi di HP Xiaomi:

  1. Pergi ke Setelan.
  2. Gulir ke bawah hingga Anda melihat menu Aplikasi.
  3. Pilih Kelola Aplikasi.
  4. Pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya.
  5. Untuk melihat besaran berkas cache, Anda bisa mengklik Penyimpanan.
  6. Selanjutnya pilih opsi Hapus Cache

Tambahkan Kartu SD ke HP

Sebagai salah satu opsi penyimpanan eksternal, kartu SD bisa memperluas ruang penyimpanan. Setiap seri HP Xiaomi memiliki batasan kapasitas kartu SD yang dapat didukung, beberapa seri sama sekali tidak mendukung penambahan kartu SD dengan alasan tertentu.

Agar fungsi kartu SD dapat maksimal, kami sarankan untuk membeli dengan perbandingan paling sedikit 1:1, yang berarti jika penyimpanan internal Anda sebesar 32GB, maka Anda harus membeli kartu SD sebesar 32GB. Harga kartu SD bervariasi sesuai kapasitas dan merek. Sebagai informasi, saat kami menilik toko resmi SanDisk, harga kartu SD 32GB dengan kecepatan up to 100Mbps Class 10 dihargai Rp59.900. 

Pastikan untuk membeli kartu SD dari toko resmi agar tidak fraud, dan juga merek yang sudah terkenal seperti SanDisk, Samsung, V-Gen dan Lexar. Mereka telah terspesialisasi dalam bidang ini, tak perlu khawatir soal biaya yang mahal, Anda akan menemukan kualitas dibaliknya.

Baca Juga : Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet di Android

Gunakan Penyimpanan Cloud

Tren saat ini menunjukkan penggunaan penyimpanan cloud yang semakin meningkat. Alasan di baliknya adalah hemat ruang penyimpanan dan dukungan kolaborasi beberapa orang tanpa menghitung jarak tempat. Sama seperti kartu SD, saat memilih penyimpanan cloud Anda harus memperhatikan track record perangkat lunak tersebut. Beberapa penyimpanan cloud memberikan akses gratis dengan batasan tertentu kepada pengguna awal.

Berikut kami berikan daftar perangkat lunak penyimpanan cloud yang bisa Anda percaya dan kompatibel dengan HP Xiaomi:

  • Google Drive. Adalah yang paling terkenal, Google memberikan penyimpanan cloud gratis sebesar 15GB tanpa batasan waktu menyimpan. Anda dapat memperluas kapasitas penyimpanan cloud dengan membayar Rp269.000 per tahun untuk 100GB hingga Rp1.350.000 per tahun untuk 2TB (2000GB).
  • Microsoft OneDrive. Microsoft memberikan penyimpanan cloud gratis sebesar 5GB. Versi berbayarnya membutuhkan dana Rp319.989 per tahun untuk 100GB hingga Rp1.299.999 per tahun untuk 6TB (6000GB).
  • Dropbox. Sama seperti OneDrive, Dropbox memberikan penyimpanan cloud 5GB untuk pengguna. Sedangkan versi berbayar Anda harus mengeluarkan Rp1.850.000 per tahun untuk 2TB hingga Rp4.800.000 per tahun per individu untuk 15TB dan dukungan tim dengan lebih dari 3 pengguna.

Sesuaikan pilihan Anda dengan kebutuhan fitur dan dana. GDrive menyediakan tools lain yang sangat berguna bagi Anda yang suka berkolaborasi dalam produk Google, sedangkan OneDrive melakukan bundling penyimpanan cloud dengan Microsoft Office.

Factory Reset atau Reset Pabrik

Bingung memilih data mana yang ingin Anda hapus? Kenapa tidak semua saja sekalian. Tidak hanya pusing di kepala yang hilang, seluruh data juga ikutan menghilang.

Sebelum melakukan reset pabrik, kami sarankan Anda untuk backup data penting ke penyimpanan cloud meskipun versi gratis. Tidak akan ada fitur “undo” setelah Anda melakukan hal ini.

Ada beberapa cara melakukan reset pabrik di HP Xiaomi, tetapi kami hanya menunjukkan cara melalui setelan agar mudah Anda ikuti.

  1. Pergi ke Setelan.
  2. Gulir ke bawah hingga Anda melihat menu Setelan Tambahan, klik menu tersebut.
  3. Gulir ke bawah dan klik opsi Reset Ulang Pabrik.
  4. Pilih Ok.