5 Cara Mengatasi Word Not Responding dengan Cepat

5 Cara Mengatasi Word Not Responding dengan Cepat

Microsoft terkenal dengan perangkat lunak office-nya yang terkenal, dari aplikasi umum seperti Microsoft Word, PowerPoint dan Excel, hingga aplikasi spesialis seperti Microsoft Power BI (PBI). Dalam artikel ini, kita akan berfokus pada aplikasi Microsoft Word yang berperan sebagai aplikasi pengolah kata.

Fitur-fitur yang disediakan di Word juga sangat lengkap seperti fitur umum font, paragraph, styles dan layout. Fitur khusus yang lebih advance juga diberikan untuk menunjang produktivitas yang lebih terspesialisasi seperti mailings, visual basic, macros dan Word Add-ins.

Ingin menemukan solusi terkait terkait cara mengatasi Word not responding dan penyebabnya?

Artikel ini akan membantu Anda cara mengatasi program Microsoft Word not responding. Penasaran, ‘kan? Yuk langsung simak artikelnya!

Apa Itu Microsoft Word dan Versinya?

Microsoft Word adalah perangkat lunak berbasis dekstop yang sering digunakan untuk mengetik tugas, makalah, paper, laporan dan lainnya. Walaupun awalnya berbasis desktop, Microsoft menghadirkan versi mobile untuk perangkat tablet dan smartphone dengan OS Android dan iOS. Tetapi versi mobile memiliki banyak kekurangan dan lebih sulit digunakan dibandingkan versi desktop.

Setiap versi Microsoft Word memiliki peningkatan dibandingkan versi sebelumnya, berbagai masalah mungkin muncul karena pembaruan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya dengan menyediakan fitur yang lebih baik. Beberapa versi Word yang cukup umum kita dengar yaitu:

  • MS Word V1.0 (1989). Peluncuran awal dari perangkat lunak Word yang hadir di desktop dengan fitur yang sangat terbatas.
  • MS Word 2000(1999). Hadir dengan fitur yang sering sekali kita gunakan yaitu copy, cut dan paste, serta user interface yang lebih bagus.
  • MS Word 2007 (2006). Sudah muncul ribbon yang berguna untuk mengelompokan fitur-fitur spesifik.
  • MS Word 2010 (2010).
  • MS Word 2013 (2013).
  • MS Word 2016 (2016). Hadir dengan fitur penyimpanan cloud.
  • MS Word 2019 (2019).
  • MS Word 2021 (2021). Adalah versi terbaru pada saat artikel ini ditulis.

Penyebab Word Not Responding

Alasan kenapa program Word not responding beragam, dari yang paling mudah diatasi hingga yang paling sulit dan mengharuskan uang keluar dari saku. Berikut 4 penyebab utama program Microsoft Word mengalami error seperti not responding dab tidak bisa mengetik.

Perangkat Kehabisan RAM

Word mengonsumsi paling tidak 80MB RAM untuk setiap tab kosong/awal, bukan menjadi masalah untuk Anda yang memiliki device dengan RAM besar dan hanya membuka 1 tab saja. Tapi coba bayangkan! Jika sebuah tugas memaksa Anda untuk membuka banyak tab dan juga beberapa aplikasi lain sedangkan kapasitas RAM yang Anda miliki hanya 4GB saja, maka sudah jelas beberapa program akan freeze termasuk Word yang not responding.

CPU Tidak Bisa Mengangkat Microsoft Word

Microsoft telah merilis persyaratan minimum dan rekomendasi di situs web mereka, persyaratan minimum adalah batasan paling bawah jika ingin menjalankan program MS Word. Apabila device Anda dibekali CPU lawas dan berada di bawah ambang batas persyaratan minimum, maka Anda harus meningkatkannya. Jika device yang Anda gunakan adalah PC, maka Anda harus membeli part yang lebih baru. Sedangkan jika device Anda gunakan adalah laptop, maka satu-satunya solusi adalah lembiru, LEmpar-BelI baRU.

Add-ins Bermasalah

Add-ins adalah plugin tambahan yang bisa Anda pasang untuk meningkatkan produktivitas dan kemampuan Microsoft Word sesuai keinginan. Beberapa Add-ins populer seperti Mendeley Cite dan Microsoft Dynamics Office Add-in membutuhkan RAM dan CPU tambahan agar bisa berjalan dengan lancar.

Add-ins tidak hanya membuat device Anda semakin berat, tetapi terkadang plugin tambahan yang Anda pasang justru tidak cocok dengan plugin lainnya. Hal ini akan membuat konfrontasi antar plugin dan menyebabkan Word menjadi not responding atau nge-freeze.

Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Xiaomi

Cara Mengatasi Word Not Responding

Menambah Kapasitas RAM

Kapasitas RAM yang standar untuk zaman sekarang paling tidak 8GB dengan optimal di 16GB. Sehingga, bagi Anda yang hanya memiliki RAM sebesar 4GB saja maka harus menambah paling tidak 4GB lagi.  Harganya bervariasi antara merek satu dengan merek lainnya, juga tergantung dari besaran kapasitas yang ingin Anda beli. 

Berdasarkan toko official V-GEN, RAM 4GB DDR4 yang berjalan di PC19200 2400Mhz dihargai sebesar Rp192.000 saat artikel ini ditulis. Sedangkan RAM 8GB DDR4 yang berjalan di PC25600 3200Mhz dihargai sebesar Rp302.000, hanya perlu mengeluarkan tambahan uang sebesar 50% dari biaya RAM 4GB tetapi mendapatkan kapasitas tambahan 100%.

Masuk ke Safe Mode

Ada dua cara masuk ke safe mode di program Microsoft Office.

  • Dengan tekan dan tahan tombol CTRL di keyboard, lalu klik dua kali pada ikon aplikasi Word di start screen Windows. Tekan Yes untuk memulai safe mode.
  • Dengan Run. Di keyboard, tekan logo Windows + tombol R bersamaan. Ketik winword /safe di kotak dialog lalu OK.

Ketika Anda menjalankan Microsoft Word dalam safe mode, maka di bagian atas akan tertera “judul file (Safe Mode)”.

Nonaktifkan Add-ins

Karena penyebabnya adalah Add-ins, maka cara mengatasi Word not responding adalah dengan menonaktifkan plugin tersebut, pada beberapa kasus extreme dengan menghapusnya. Cara menonaktifkan Add-ins yaitu:

  1. Buka perangkat lunak Microsoft Word. Lihat pada menu kanan atas, pilih File.
  2. Pada daftar menu di sisi samping kiri, pilih More > Options.
  3. Lihat pada menu samping kiri, cari dan pilih Add-ins.
  4. Pada Manage di sisi bawah, pilih COM Add-ins lalu tekan Go.
  5. Sebuah jendela akan muncul dengan beberapa daftar plugin yang Anda pasang. Lepas checklist dari seluruh plugin, atau beberapa plugin yang Anda curigai. 
  6. Tekan Ok untuk menonaktifkan. Apabila Anda ingin menghapusnya, maka pilih opsi Remove di kanan bawah.

Tutup Paksa Lewat Task Manager

Jika program Word yang Anda gunakan sama sekali tidak bisa ditutup, maka opsinya adalah dengan menutup paksa terlebih dahulu lewat Task Manager.

  1. Pada kotak pencarian Windows ketik Task Manager.
  2. Lihat pada bagian kiri dan cari program bernama Microsoft Word, umumnya disertai dengan logo Word.
  3. Klik kanan dan pilih End Task.
  4. Tunggu beberapa saat hingga nama program tersebut menghilang. Selesai.

Anda sekarang bisa membuka kembali aplikasi Microsoft Word.

Gunakan Fitur Repair

Fitur repair bukan lah fitur asli yang ada pada aplikasi Microsoft Word, untuk melakukannya Anda harus menggunakan menu-menu di setelan Windows. Di bawah ini adalah caranya:

  1. Pada kotak pencarian Windows, ketik Settings atau jika melalui menu Windows cari ikon roda bergerigi.
  2. Cari dan masuk ke menu Apps
  3. Pilih menu Apps & Features untuk Windows 10 atau Installed Apps untuk Windows 11.
  4. Cari Microsoft Office, Anda bisa menggunakan kotak pencarian di atas untuk mempercepat.
  5. Untuk Windows 10, tekan menu Modify dan pilih Repair, lalu tekan Continue
  6. Untuk Windows 11, tekan titik tiga di kanan menu logo Microsoft Office > Advanced Options > gulir ke bawah temukan opsi Repair > Ok.
  7. Tunggu proses selesai.