5 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam, Dokumentasi lengkap!

5 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam, Dokumentasi lengkap!

Baterai membuat HP kita tetap hidup dan dapat digunakan. Dulunya, kita dapat melepas batre untuk menggantinya, tetapi HP keluaran terbaru modern saat ini telah mengubah baterainya menjadi batre tanam (non-removable battery). Hal ini membawa dampak yang sering dialami pengguna HP yakni tidak bisa melepas baterai saat batre HP bermasalah.

Dalam panduan ini, kami akan membahas tentang cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam yang bisa kamu coba di berbagai HP saat ini. Disarankan untuk memastikan terlebih dahulu sumber permasalahan dari HP kamu, apakah dari software atau hardware. Sehingga, akan menyingkat waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki masalah HP batre tanam yang tidak bisa di cas.

Penjelasan Tentang Batre Tanam pada HP

Seperti namanya, baterai tanam adalah jenis baterai yang tidak bisa dilepas karena tertanam pada HP itu sendiri, serta tidak ada panel belakang untuk dapat mengakses baterai. Tujuan HP saat ini menggunakan batre tanam yaitu untuk memberikan keamanan tambahan, dapat membuat HP dengan ukuran yang lebih ramping dan kerapihan komponen internal. Sekaligus memaksamu dengan halus untuk membeli HP baru alih-alih memperbaiki HP!—sangat masuk akal.

Penyebab Batre Tanam Bermasalah

1. Kabel Charger Rusak atau Tidak Ori

Penyebab awal yang bisa kamu cek langsung adalah kerusakan pada kabel charger. Kabel charger yang rusak, kusut atau longgar dapat membuat arus listrik tidak masuk ke HP dan ini membuatmu berasumsi bahwa batre HP-mu lah yang rusak. Selain itu, kabel charger yang tidak ori bisa merusak baterai tanam pada HP, ini karena output kabel charger tidak ori berbeda dengan daya input yang dapat ditolerir oleh baterai HP.

2. Ada Kerusakan dan Kotoran pada Port HP

Selain kabel charger yang rusak, port HP juga bisa rusak karena kebiasan burukmu atau kejadian tak terduga yang dialami HP kamu. Kotoran pada port HP kamu juga dapat membuat charger tidak terpasang dengan benar karena ada kotoran menumpuk. 

3. Software/UI Bermasalah

Mungkin setelah kamu melakukan pembaruan perangkat lunak terutama User Interface seperti MIUI, Funtouch OS dan One UI muncul error yang membuat software tidak bisa membaca dengan benar kondisi fisik dari batre tanam HP. Kegagalan ini bisa disebabkan oleh kamu sendiri atau memang dari versi UI-nya sendiri. Tak hanya itu, mengunduh software/aplikasi yang tidak jelas dapat menyebabkan hal ini, umumnya dari software/aplikasi bajakan.

Baca Juga: Cara Melihat Spek Laptop, Alasan Kenapa Melihat Spek dan Spesifikasi dari Komputer

5 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

1. Downgrade UI atau Hapus Software Tidak Jelas

Jika masalah HP tidak bisa di cas batre tanam disebabkan oleh software, kamu bisa melakukan downgrade versi UI HP kamu, contohnya dari One UI 6.0 ke One UI 5.0. Jika UI HP kamu tidak support downgrade versi, kamu bisa mencobanya sendiri lewat cara manual dari tutorial di Youtube atau jika tidak bisa melakukannya kamu dapat meminta bantuan temanmu. 

Software tertentu dan bajakan juga dapat merusak sistem perangkat lunak di HP kamu, kamu dapat menghapusnya untuk mengatasi masalah ini. Usahakan untuk mengunduh software resmi dari sumber yang kredibel seperti Google Play Store atau toko aplikasi khusus HP kamu.

2. Melakukan Kalibrasi Ulang

Kamu juga dapat mencoba untuk melakukan kalibrasi ulang jika masalah yang terjadi disebabkan perangkat lunak. Caranya dengan mengunduh aplikasi monitor baterai terlebih dahulu kemudian restart ulang HP. 

Cara lainnya jika HP kamu masih bisa dicas tetapi lama, yaitu dengan membiarkan terlebih dahulu batre HP kamu hingga habis. Lalu isi daya baterai hingga penuh dan nyalakan HP. Saat indikator batre menunjukkan bahwa sudah penuh, lepaskan charger dan matikan HP. Kemudian pasang kembali charger dan lihat apakah indikator juga menunjukkan angka 100%, jika iya, lepaskan charger dan nyalakan kembali HP. Kemudian biarkan kembali batre HP hingga habis, lalu charging hingga penuh lagi. Sekarang coba cek apakah baterai sudah benar atau belum, jika belum, ulangi dari awal.

3. Reset Pabrik atau Hard Reset

Jika cara satu dan dua di atas tidak bisa, kamu bisa melakukan reset pabrik untuk mengembalikan kondisi HP ke semula, termasuk semua konfigurasi perangkat lunak. Setiap merek HP memiliki sedikit perbedaan dalam langkah melakukan reset pabrik, kamu bisa mencari tutorial lengkapnya di Google dan Youtube. 

Pastikan semua data yang penting seperti foto, file, video dan chat sudah kamu backup sebelumnya, paling tidak ke layanan penyimpanan online seperti Google Drive, Microsoft Onedrive dan Dropbox.

4. Menghubungi Layanan Brand HP dan Toko

Jika ketiga cara di atas masih tidak bisa, kamu bisa mencoba menghubungi brand HP yang kamu pegang atau toko di mana kamu membeli. Kamu akan mendapatkan masukan dan jika masih dalam masa garansi, akan mendapatkan perbaikan gratis. Jika kerusakannya parah, terkadang brand atau toko tersebut akan mengganti HP kamu dengan unit yang baru yang lebih baik. Contoh layanan pelanggan brand HP adalah Mi Layanan untuk Xiaomi dan Pusat Service Center untuk Samsung.

5. Menyerahkan Sepenuhnya ke Tukan Service (Tuser)

Tukang service (tuser) adalah orang yang ahli dalam memperbaiki suatu barang tertentu, baik dari segi hardware maupun software. Tuser jelas mempunyai pengalaman untuk memperbaiki HP yang tidak bisa di cas untuk batre tanam. Namun, sebaiknya kamu menanyakan terlebih dahulu biaya yang akan dibebankan, umumnya masih di bawah biaya service di SC resmi.

Jika kamu bisa melakukan service sendiri, kamu bisa mencoba memperbaikinya tanpa mengeluarkan sepeserpun uang. Risiko yang diterima jelas lebih besar karena bagaimanapun juga tuser punya jam terbang yang lebih tinggi dibandingkan pribadi.

Teknik Pencegahan Lebih Lanjut

Setelah kamu berhasil memperbaiki masalah HP tidak bisa di cas batre tanam, kamu sebaiknya melakukan perawatan dan pencegahan agar tidak masuk di lubang yang sama dua kali—agak konyol kalau terjadi.

1) Selalu Menggunakan Charger Original

Ini dapat menghindarkan dan memperkecil peluang kerusakan pada batre tanam HP kamu. Jika charger lamamu memang rusak, usahakan untuk membeli charger HP yang sama terutama dari toko officialnya. Cukup mahal memang, tetapi jelas terjamin.

2) Membaca Feedback Komunitas UI HP

Feedback pada komunitas UI sangat penting karena pengalaman orang lain dapat kamu gunakan sebagai tameng awal. Komunitas ini dapat kamu jumpai baik melalui mesin pencari, grup Facebook maupun grup offline di sekitar kotamu.

3)  Kurangi dan Hindari Bermain HP Sambil Mengecas

Kerusakan pada komponen batre tanam bisa disebabkan karena kebiasaan burukmu yakni bermain HP sambil mengecas, apalagi sambil bermain game berat. Baterai HP kamu dipaksa untuk menerima input dari charger sekaligus mengeluarkan daya ke komponen seperti chipset dan lainnya. Tentunya ini membuat umur batre tanam HP kamu semakin berkurang cukup banyak. So, kurangi kebiasaan ini ya! Cukup pada kondisi urgent saja.