4 Cara Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Disentuh dan Penyebabnya

4 Cara Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Disentuh dan Penyebabnya

Layar HP merupakan salah satu part krusial dalam HP, ini berguna untuk menayangkan berbagai grafis. Jika layar HP mengalami kerusakan, itu termasuk hal yang begitu menjengkelkan, bisa jadi awalnya kamu ingin chatting untuk bertanya, ternyata karena layar HP kamu error malah mengirim pesan I Love U—ini mah harapan banget. Kerusakan yang ada pada layar HP ada banyak penyebabnya, bisa jadi softwarenya atau hardwarenya.

Tenang saja, kami akan memandumu apa saja penyebab, cara menemukan sumber kerusakan, cara mengatasinya dan bahkan tindakan lanjutan untuk meminimalisir kejadian yang sama terulang kembali. 

So, siapkan minuman karena panduan ini cukup panjang, dan sekarang, mari berselancar membaca panduan cara mengatasi layar HP yang tidak bisa disentuh!

Alasan Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

1. Kerusakan Fisik pada HP

Umumnya ini adalah alasan yang paling sering ditemui, entah karena jatuh saat berkendara ataupun alasan lain karena kecerobohan. Benturan keras akan menyebabkan digitizer menjadi tidak erat. Hal itu menjadi penyebab layar HP kamu mengalami kerusakan seperti tidak bisa disentuh.

2. Masalah Software

Software atau perangkat lunak yang error akan menyebabkan sistem HP tidak bisa membaca pergerakan fisik di layar. Masalah ini bisa saja muncul setelah kamu melakukan pembaruan User Interface (UI) seperti MIUI Xiaomi dan One UI Samsung. Bisa juga setelah upgrade OS seperti Android 10 ke Android 11.

3. Malfungsi dari Hardware

Malfungsi hardware umumnya dari pabrik. Pabrik secara normal seharusnya mengecek dan memastikan kelayakan HP sebelum masuk pasar, tetapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa yang lolos dari pengecekan. Malfungsi hardware bisa dari berbagai komponen internal seperti kabel layar HP, chipset, baterai dan lainnya.

4. Beban HP Terlalu Tinggi

Saat kamu menjalankan aplikasi atau game tertentu yang menawarkan grafis yang ciamik, tentu beban kinerja chipset HP semakin tinggi. Beban kerja yang semakin tinggi ini akan menyebabkan HP menjadi terlalu panas atau overheating. Layar HP umumnya akan menjadi tidak responsif sementara, tetapi bisa jadi malah permanen jika terlalu overheat.

Mengidentifikasi Bagian Kerusakan Layar HP

Mengidentifikasi bagian kerusakan pada layar HP adalah langkah penting sebelum mengatasinya, karena setiap sumber masalah kerusakan memberikan ciri-ciri tertentu yang mudah diketahui. Berikut langkahnya:

  • Mengecek kondisi fisik layar. Kamu bisa mengecek kondisi fisik layar, bagian mana yang mengalami kerusakan dan seberapa besar kerusakan tersebut. 
  • Mengingat kejadian sebelumnya. Apa saja kegiatan yang sudah kamu lakukan dengan HP, terutama yang berhubungan dengan alasan-alasan di atas.
  • Mengecek kondisi internal HP. Jika mampu, kamu bisa mengecek kondisi internal HP, apakah ada kerusakan komponen terutama yang berhubungan dengan layar secara langsung. 

Berikut adalah ciri-ciri kerusakan layar yang bisa membawamu mengetahui sumber permasalahan:

  • Layar retak sebagian atau seluruhnya. Sangat jelas akar permasalahan yaitu dari kerusakan fisik seperti jatuh atau terbanting. 
  • Layar mulus tanpa kerusakan, internal terlihat aman. Overheating bisa jadi sumbernya, ini akan membuat komponen internal rusak dan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, harus menggunakan alat bantu. Overheating bisa dideteksi dari panas berlebih yang kamu rasakan saat memegang HP.
  • Layar mulus, internal ada kerusakan. Seperti yang pertama, masalahnya berasal dari kerusakan fisik atau kemasukan sesuatu yang kamu alami.
  • Layar mulus, internal aman, HP tidak overheating. Kemungkinan besar karena masalah software, mungkin setelah kamu melakukan pembaruan perangkat lunak tertentu.

Baca Juga : Nvidia GeForce RTX 4090: Kartu Grafis Monster Terbaru

Cara Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Disentuh

1. Roll Back atau Downgrade Software

Apabila sumber masalahnya adalah dari software seperti OS atau aplikasi bawaan, kamu bisa mendowngrade software tersebut. Jika memungkinkan, hapus dari HP kamu agar masalah ini hilang sepenuhnya. Cara downgrade OS atau aplikasi bawaan cukup berbeda di setiap seri dan brand HP, dan juga merupakan cara yang beresiko dan sulit. Kami merekomendasikan mencari tutorialnya terlebih dulu. Jika kamu tidak bisa melakukannya sendiri, kamu bisa pergi ke tukang service.

2. Klaim Garansi

Jika penyebab layar HP yang tidak bisa disentuh adalah karena cacat produksi dari pabrik atau karena kerusakan fisik serta masih dalam periode garansi, kami sarankan untuk langsung menghubungi toko tempat kamu membeli dan mengklaim garansi. Seharusnya HP kamu diganti unit baru karena masalah hardware termasuk berat.

3. Membersihkan Layar

Layar HP yang kotor bisa menyebabkan sentuhan yang kamu buat menjadi tidak terbaca oleh hardware, jadi mencoba membersihkan layar tidak ada salahnya. Disarankan untuk menggunakan kain yang bersih dan halus, usap beberapa kali hingga layar bisa merespon kembali.

4. Mendiamkan HP Beberapa Saat

Solusi untuk perangkat yang mengalami overheating adalah dengan mendiamkannya beberapa saat hingga suhu HP dirasa lebih dingin. Selagi proses pendinginan, jauhkan HP dari sumber panas seperti matahari atau api.

Langkah Pencegahan Lanjutan

Rekomendasi pencegahan setelah kamu berhasil memperbaiki masalah layar HP yang tidak bisa disentuh. Semakin kamu komitmen, maka semakin panjang juga umur HP kamu dan juga uangmu bisa lebih hemat dalam jangka panjang.

1. Memasang Pelindung Layar HP

Pelindung layar HP sangat penting untuk mengurangi risiko kerusakan layar yang tidak bisa disentuh di sisi hardware. Ada beberapa jenis pelindung layar HP, sesuaikan dengan budget dan kegunaan yang kamu inginkan. Jangan sampai salah memilih pelindung layar, bisa jadi malah tidak cocok dan membawa masalah untuk HP kamu. Kami telah merangkum 4 jenis pelindung layar yang bisa kamu pilih:

  • Hydrogel. Berfungsi untuk mengurangi dampak akibat goresan pada layar, bukan mengurangi dampak benturan. Pelindung layar ini unggul pada sisi ketipisannya, bahkan kamu hampir tidak melihat sisi tepiannya.
  • Anti Glare. Sesuai namanya, pelindung ini tidak memantulkan cahaya seperti dari matahari atau lampu. Anti glare sangat berguna untuk aktivitas di luar ruangan dengan cahaya terik, mampu mengurangi intensitas brightness layarmu yang seharusnya. Ini sangat berguna apabila panel HP kamu berjenis Amoled sehingga akan mengurangi efek negatif seperti lightsaber atau layar HP tidak bisa disentuh.
  • Tempered glass. Jenis yang paling kuat, mampu menahan goresan dan juga benturan. Tentunya harganya paling mahal, apalagi jika kamu memilih kualitas teratas dari tempered glass bahkan bisa lebih dari Rp250.000—kamu tahu, biaya ganti layar bisa mencapai jutaan!
  • TPU. Pelindung ini berbahan plastik, materialnya kuat untuk menahan goresan dan cukup kuat untuk menahan benturan. Harganya di bawah tempered glass, sangat cocok untuk yang memiliki keterbatasan dana.

2. Letakkan HP di Tempat yang Tepat

Saat kamu meletakkan HP di tempat yang panas, apalagi dengan posisi layar HP menghadap ke atas, panas dari matahari dapat merusak komponen pada layar dan akan berakibat pada kerusakan seperti layar tidak bisa disentuh atau kurang responsif. So, sebaiknya letakkan di tempat yang teduh dari cahaya matahari atau panas. Jika terpaksa, kamu bisa meletakkan HP dengan posisi tengkurap dan layar berada di bawah.