4 Cara Mengatasi HP Bootloop Xiaomi, Stuck Terus di Logo MI

Cara Mengatasi HP Bootloop Xiaomi

Pekerjaan penting harus kita dahulukan, jika tidak maka akan membawa konsekuensi yang cukup berat. Salah satu alat penunjang pekerjaan adalah HP. Brand Xiaomi terkenal akan harga HP-nya yang miring dan dilengkapi dengan spesifikasi yang top di kelasnya. Namun, harga miring membawa konsekuensi yang cukup menjengkelkan yaitu optimasi perangkat lunaknya yang termasuk kurang baik, bahkan mereka memasang iklan di aplikasi sistemnya.

Salah satu dampak optimasi perangkat lunak yang kurang baik adalah bootloop, yang berarti HP Xiaomi akan terus menerus mencoba masuk ke tampilan utama tetapi tidak bisa karena stuck di logo MI saja. 

Menjengkelkan bukan? Jadi, mari kita mulai cara mengatasi HP bootloop Xiaomi.

Penyebab HP Xiaomi Bootloop

Secara sederhana, bootloop Xiaomi adalah keadaan ketika HP Xiaomi terus menerus memulai ulang perangkat dan tidak bekerja seperti seharusnya. Masalah ini bisa terjadi karena beberapa penyebab, seperti:

  • Kegagalan pembaruan OS. Sebelum Anda memperbarui OS atau MIUI, akan muncul pemberitahuan untuk mengisi daya agar perangkat tetap aktif. Bukan tanpa sebab, ini dimaksudkan agar ketika OS sedang diperbarui, tidak ada data pembaruan yang rusak atau corrupt
  • Perangkat lunak disusupi virus. Virus yang berbahaya dapat membuat perangkat terkena berbagai masalah seperti lagging, menjadi lambat atau bahkan sistem menjadi bootloop. Anda bisa disusupi virus baik secara sadar akan risiko tersebut atau tidak sadar sama sekali seperti menekan link yang tidak mencurigakan.
  • Kerusakan pada perangkat keras HP Xiaomi. HP yang jatuh atau terkena kerusakan fisik dapat membuat SoC perangkat rusak dan menyebabkan HP Xiaomi Anda bootloop.
  • Melakukan custom ROM dan modifikasi. Bagi Anda yang termasuk nekat atau sering bolak-balik melakukan modifikasi baik ROM maupun fitur perangkat lunak yang lain, maka sadar bahwa risiko bootloop akan selalu berdiri di samping Anda. 

Setelah mengetahui berbagai penyebab HP Xiaomi bootloop, Anda juga harus mengetahui jenis-jenisnya, apakah terkena bootloop ringan, sedang atau berat.

  • Bootloop ringan. Pada bootloop ini HP Anda masih bisa masuk ke tampilan utama dan berfungsi normal untuk beberapa waktu ke depan sebelum kembali bootloop. Bootloop ringan umumnya terjadi karena masalah perangkat lunak disusupi virus.
  • Bootloop sedang. Merupakan jenis bootloop yang paling sering dialami oleh pengguna HP Xiaomi. Sistem perangkat akan mencoba memulai ulang tetapi hanya mentok di logo MI. Tidak perlu khawatir berlebih, HP masih dapat diperbaiki dengan tingkat keberhasilan tinggi karena sistem masih bisa masuk ke recovery mode. Penyebab bootloop sedang adalah kegagalan pembaruan MIUI Xiaomi dan kerusakan perangkat keras yang ringan.
  • Bootloop berat. Bootloop ini memiliki tingkat keberhasilan yang cukup rendah karena sistem tidak akan bisa masuk ke recovery mode. Anda harus menggunakan cara-cara yang lebih rumit untuk mengatasi masalah ini karena penyebabnya umumnya adalah kerusakan parah HP Xiaomi dan melakukan modifikasi perangkat lunak.

Baca Juga : Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet di Android

Cara Mengatasi HP Bootloop Xiaomi

Hapus Aplikasi atau File yang Baru Diunduh

Untuk mengatasi bootloop ringan karena masalah perangkat lunak yang disusupi virus, Anda harus menghapus aplikasi atau file yang baru saja Anda unduh. Bootloop ringan masih memberi Anda waktu untuk melakukan tindakan dalam kurun waktu beberapa detik/menit ke depan.

Anda dapat pergi ke Setelan > Aplikasi > Kelola Aplikasi untuk menghapus aplikasi yang sudah dipasang. Sedangkan untuk menghapus file, Anda dapat pergi ke File Manager > Bluetooth & Unduhan

Ingat, bergerak cepat sebelum sistem memulai ulang perangkat lagi!

Reset Pabrik atau Hard Reset

Pada bootloop sedang, Anda bisa menggunakan menu pemulihan. Cara ini termasuk mudah dan bisa dicoba sendiri di rumah. 

Anda harus merelakan semua data-data penting dan aplikasi yang sebelumnya ada, termasuk chat dari si Dia. Tidak ada kesempatan untuk mencadangkan data sama sekali. Oleh karena itu, budayakan cadangkan data meskipun HP Xiaomi Anda baik-baik saja, minimal 1 bulan sekali ke kartu SD atau penyimpanan cloud. Detail melakukan reset pabrik sebagai berikut:

  1. Saat HP bootloop, tekan Tombol Daya + Volume Naik selama 5 – 10 detik
  2. Saat sudah masuk di Recovery Mode, akan muncul beberapa opsi yaitu Reboot, Wipe Data dan Connect with MIAssistant. Versi MIUI tertentu akan ada opsi tambahan yaitu Safe Mode. Pilih opsi Wipe Data.
  3. Pilih All Wipe Data.
  4. Tekan Yes.
  5. Tinggal tunggu beberapa saat hingga proses reset pabrik selesai.

Informasi tambahan: Anda bisa mencoba reboot terlebih dahulu dengan memilih opsi Reboot, ini tidak akan menghilangkan data. Melakukan Reboot memiliki cukup banyak kesempatan untuk menyembuhkan HP Xiaomi dari penyakit bootloop.

Flash ROM

Bootloop berat adalah masalah yang paling harus dihindari, karena terlalu rumit untuk orang awam memperbaikinya. Salah satu cara memperbaiki bootloop berat HP Xiaomi adalah dengan flash ROM, Anda tidak bisa masuk ke recovery mode maka satu-satunya cara adalah dengan bantuan alat dari pihak ketiga. Alat dan bahan yang harus Anda siapkan yaitu:

  • PC atau laptop untuk melakukan flashing.
  • Kabel USB untuk menghubungkan HP Xiaomi ke PC.
  • Perangkat lunak Mi Flash Tools, Anda bisa mengunduhnya di situs web xiaomiflashtool.com dengan ukuran kurang lebih 100MB saja.
  • Android USB Driver, Anda bisa mencari di Google yang paling cocok dengan seri HP Xiaomi Anda.
  • Bootloader Interface 15 seconds ADB installer yang bisa didapat di link ini. [https://androidmtk.com/download-15-seconds-adb-installer]
  • ROM fastboot. Seperti Android USB Driver, Anda harus mencari dan mencocokan dengan seri HP Anda.

Apabila sudah menyiapkan semua alat dan bahan di atas, sekarang Anda bisa melakukan flashing.

  1. Gunakan kabel USB untuk menghubungkan HP Xiaomi ke PC,
  2. Ekstrak ROM fastboot.
  3. Masuk ke Mode Fastboot dengan menekan Tombol Daya + Volume Naik selama 10 detik.
  4. Masuk ke Device Manager, jika ada tanda seru maka nonaktifkan driver signature terlebih dahulu agar tanda seru menghilang.
  5. Pilih Select dan pilih folder hasil ekstrak ROM fastboot.
  6. Tekan OK dan Refresh.
  7. Jika terkoneksi dengan benar, akan muncul tulisan kombinasi angka dan huruf, contoh: 78e7821f. Dan bila terkoneksi pada Emergency Download Mode (EDL), akan muncul tulisan COM diikuti dengan angka, contoh: COM07.
  8. Lihat pada bagian bawah, pilih opsi clean all.
  9. Tekan Flash, statusnya akan berubah menjadi flash done setelah selesai.
  10. HP Xiaomi Anda akan memulai ulang secara otomatis.

Bawa ke Service Center

Cara paling terakhir dan ketika Anda sudah pasrah adalah dengan membawanya ke service center. Uang yang keluar dari dompet Anda sudah jelas banyak, kecuali HP Xiaomi Anda masih dalam perlindungan garansi. Tetapi harus Anda ketahui, garansi bisa hangus jika masalah ini disebabkan karena kesengajaan pengguna untuk melakukan modifikasi sistem dan custom ROM.

Tukang servis bisa menjadi opsi tempat perbaikan jika garansi Anda hangus dan bootloop disebabkan oleh dua masalah tersebut. Selain itu, Anda bisa nego harga jika merasa kemahalan. Pastikan juga perbaikan tersebut bisa Anda lihat di tempat, guna menghindari kenakalan tukang servis yang sengaja memperbaiki sesuatu yang memang sudah benar.